Cara Tepat Mengenali Jenis Accu Mobil dan Cara Perawatannya




Fungsi dasar aki adalah starting, lightning dan ignition. Yaitu sumber tenaga menghidupkan mobil, mensuplai energi listrik pada lampu mobil dan mendukung sistem pembakaran (internal combustion engines).

Kelistrikan pada mobil sendiri sebenarnya  di suplay oleh 2 daya utama. Pertama adalah accu atau baterai dan yang kedua adalah altenator

Namun  keduanya tidak bekerja di saat yang bersama

Accu atau baterai bekerja mensuplai listrik saat mesin dalam keadaan mati, seperti accesoris, lampu tail, lampu rem, lampu head, sistem alarm, dan sebagai sumber tenaga motor stater mesin

Dan sebaliknya

altenator mulai bekerja ketika mesin hidup. Altenator akan mengantikan baterai untuk mensuplai semua sistem kelistrikan di mobil. Dan jika semua lampu dalam keadaan mati, maka alatenator akan mengisi ulang daya baterai

Biasanya rentang umur baterai mobil berkisar antara 3 sampai 5 tahun, itupun tergantung dari cara dan kondisi pemakaian.

Untuk itu saya akan memnjelaskan  beberapa cara yang mudah untuk anda accu mobil Toyota anda berumur panjang. berikut ulasanya:


Selalu jaga ketersedian air accu, jangan sampai kurang

“nyawa” dari accu adalah electrolit. Electrolit ini yang berfungsi sebagai media untuk menyimpan daya listrik

Jadi sebisa mungkin jangan sampai volume air atau electrolit berkurang atau bahkan habis. Hal ini akan membuat baterai rusak atau soak, dan tidak mampu menyimpan daya listrik lagi sekalipun anda mengisi airnya sampai penuh kembali

jika tidak terlihat dari samping, periksa dari tutup atasnya

oia, terkadang tutup accu tidak ada, bukan tidak ada namun tertutup stiker karena accu anda jenis accu kering

untuk membantu anda dalam mengenali jenis accu anda yang mana. Saya juga akan memberikan sedikit perbedaannya.

Saat ini terdapat 3 jenis accu dipasaran, accu basah, aki MF(maintenance free), dan terakhir accu kering


Accu basah amat banyak di pasaran. Menggunakan cairan eletrolit atau air tanpa mineral guna menyimpan daya listrik.

Anda harus rajin mengisi ketersediaan air, kurang lebih 2 minggu atau 1 bulan minimal anda menegecek dan menambah volume airnya.

Ciri accu dapat lihat bentuk tutupnya. Biasanya tutup accu menonjol ke atas agar mudah di buka jika ingin menambah air


Lalu Accu MF sebenarnya hampir sama dengan accu basah, dengan penguapan air accu sangatlah kecil, sehingga air baru akan  berkurang dalam waktu yang lama. Minimal bisa hampir 6 bulan untuk pengecekan dan penambahan air

Bentuk accu jenis ini hampir sama, dengan indikator ketinggian air accu. Hanya berbeda dari bentuk tutup dan adanya indikator untuk melihat ksehatan baterai



Dan terkahir accu kering, accu ini tidak mengunakan cairan elektrolit, tetapi menggunakan semacam jelly khusus. Jadi anda tidak perlu repot lagi untuk menambah air

Accu ini sangat berbeda. Tanpa ada indikator untuk air dan juga tutup untuk memasukan air

Jadi accu yang mana digunakan di mobil  Toyota anda?





Hidupkan  Mesin Kendaraan Sekalipun Tidak Ada Rencana Untuk Keluar Dengan Mobil

Seperti yang saya jelaskan di awal, baterai atau accu anda mensuplai listrik saat kendaraan mati

Mulai dari sistem alarm, stand by sirine dan klakson ketika anda mengunci dan meninggalkannya semalaman

Jadi, minimal panaskan mesin kendaraan anda selama 30 menit hingga 1 jam setiap paginya agar daya accu anda dapat terisi kembali

Dan agar pengisian lebih maksimal anda dapat mematikan seluruh lampu dan audio agar listrik yang dihasilkan altenator dapat masuk semua ke accu




Matikan Seluruh Peralatan Kelistrikan Ketika Mesin Mati

Ini yang terkadang lupa diperhatikan oleh si pemilik kendaraan, mematikan seluruh lampu tail dan lampu kabin saat mesin mati dan anda ingin keluar kendaraan dan mengunci untuk waktu yang lama

accu anda akan cepat habis saya Karena diperlukan daya yang besar jika membiarkan sekalipun lampu kabin untuk hidup lebih dari 4 jam



Tempatkan Aki Pada Dudukan Aki Yang Tepat

kencangkan baut pengikat accu. hal ini sering dilewatkan oleh pemilik mobil yang asal menaruh aki saja, padahal saat anda berkendara anda membuat goncangan

baterai atau accu mengandung asam belerang yang bersifat korosif, air accu tanpa mineral yang sering kita tambahkan akan berubah jadi asam

tutup aki basah atau MF memiliki ventilasi, jadi ketika accu terguncang dapat membuat airnya keluar karena tidak di ikat yang benar

air asam dapat membuat besi dan body kendaraan anda dapat meleleh



Cek Apakah Ikatan Pada Baut Kepala Accu Kendor

jika kendor anda usahakan untuk mengencangkanna kembali, karena apabila dibiarkan kendor dapat menimbulkan gesekan, lalu loncatan bunga api

cara mengeceknya cukup pegang apakah ikatan kepala accu bisa diputar atau tidak, jika bisa, artinya kepala accu kendor

sedikit tips, apabila kepala aki anda rusak dan ukuran dari kepala accu anda menyusust, gunakan baut drat kasar kemuadian bautkan antara kepala accu dan ikatannya agar kembali kencang

dan tentu lebih bagusnya anda cepat-cepat mengganti accu anda dengan yang baru,he


Cek Secara Visual Apakah Accu Gelembung

Periksa dari pinggir dari badan accu, apakag accu anda gelembung

Accu yang sudah berubah bentuk jadi agak mengelembung, tidak dapat menyimpan daya listrik dengan baik

Saran agar accu anda tidak mengelembung adalah dengan pemakaian yang tepat

Baterai gelembung terjadi karena penyimpanan daya listrik berlebih, altenator terus mengisi daya ke accu namun tidak terpakai, misalnya ketika siang hari anda tidak menyalakan lampu head di siang hari

Ketika anda berjalan di siang hari, usahakan menyalakan radio selama perjalanan  atau ketika mesin anda mati saat anda berhenti di pom bensin, tetap nayalakan  radio anda kurang lebih 30 menit agar daya yang tersimpan terpakai

Dan saat jalan pada malah hari, ketika sedang berhenti sejenak, matikan semua lampu tail dan lampu head dengan kondisi mesin menyala agar daya accu dapat mengisi


Pengecekan rutin guna melihat kesehatan baterai

Pada accu MF atau Accu kering terdapat indikator untuk melihat kehatan baterai

Bagaiamana jika tidak ada

Jika anda punya multi meter, anda bisa mengukur tengangan voltnya

Baterai yang baik memiliki tegangan diatas 12 volt

Atau anda bisa pergi kebengkel untuk sekedar mengecek accu, biasanya bengkel memiliki alat khusus, bukan sekedar accu, namun juga altenator dan starter anda

Berikut ini salah satu video untuk mengecek accu

Dan ini hasilnya

Anda dapat melihat 3 point dari hasil pengecekan

Atau jika anda tidak punya multimeter atau malas ke bengkel, anda bisa mengikuti cara manual ini

Pertama hidupkan mesin

Jika starternya lama, atinya accu perlu di cas
Jika tidak merespon artinya baterai anda soak
Dan jika langsug nyala, artinya baterai anda sehat

Anda gas di 2000 rpm, lalu ingat rasa gasnya di pedal

Kemudian anda lepas minus baterai

Jika mati, artinya atenator anda rusak

Jika tidak, anda kembali tekan gas di rpm 2000

Dan apabila tidak ada yang berubah dengan yang anda lakukan di awal, artinya altenator anda dalam kondisi prima untuk jalan jauh





Bersihkan kepala accu

bersihkan dari karat dan sulfur yang diakibatkan uap accu yang keluar dari lubang ventilasi

Siram cukup siram dengan air panas dn ketuk dengan besi bagian atasnya, agar kerak-keraknya rontok, tapi jangan terlalu keras dan usahakan jangan sampai kedua ujung accu bertemu karena besi yang buat anda memukul


Cabut minus accu anda jika ingin pergi untuk waktu yang lama

Sebaiknya anda cabut minus accu ketika anda berencana pergi lebih dari 2 hari

Hal ini untuk menjaga daya accu agar tidak sampai habis

Tapi banyak yang tidak melakukannya karena takut ada elektrika mobil yang rusak

Anda tidak perlu cemas, saat anda melepas minus, hanya penagaturan dasar yang berubah

Jika avanza, rush, innova, fortuner yang berubah adalah jam, setelan otomatis power window, dan radio

Cara setel poer window adalah dengan menarik keatas switch dan apabila kaca sudah mentok keatas, jangan dilepas, tahan hingga 6 detik. Lakukan kesemua power window yang bersifat otomatis


Yang sulit adalah mobil sekelas sedang seperti vios, yaris, camry dll. Karena rpm mobil akan drop. Cara mengatasinya adalah dnegan menyemprotkan sejenis bahan adiftif ke throttle agar rpm kembali normal

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Tepat Mengenali Jenis Accu Mobil dan Cara Perawatannya "